Selasa, 31 Januari 2012

TUGAS PRAKERIN 2

NEGOSIASI
BIMBINGAN II

A.      Pengertian Bernegosiasi
Bernegosiasi merupakan proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk memberi atau menerima dengan tujuan mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak antara pihak yang lain.
Negosiasi digunakan dalam perdagangan untukkegiatan promosi. Dalam bidang sosial maupun hukum, negosiasi digunakan untuk menyelesaikan permasalahan antara pihak yang bersengketa.
Tujuan bernegosiasi akan tercapai jika pihak-pihak yang terlibat mengutamakan jalan damai, menghindari kekerasan, dan lentur dalam tarik ulur. Bernegosiasi akan selalu diwarnai oleh adu pendapat dan tanya jawab antar orang atau kelompok.
B.      Tata Cara Bernegosiasi
Agar sebuah negosiasi berjalan lancar ataupun berhasil, maka diperlukan beberapa teknik dalam bernegosiasi. Berikut ini ada beberapa hal yang yang harus anda perhatikan saat menyampaikan pendapat dalam bernegosiasi antara lain :
1.       Pendapat yang dikemukakan disertai alasan, fakta, atau contoh yang jelas.
2.       Pendapat yang dikemukakan disampaikan dengan lancar, jelas, dan sopan.
3.       Perhatikan penjelasan pendapat yang dikemukakan. Hal ini berhubungan dengan gaya bicara orang yang mengemukakan pendapat.
4.       Agar mudah dipahami oleh orang lain, sampaikan pendapat-pendapat dengan intonasi dan suara yang keras.
5.       Berbicaralah dengan sopan dan bijaksana saat menyampaikan pendapat.
6.       Jangan mempertahankan pendapat dengan cara ngotot.
C.      Cara Berpromosi.
Dalam kegiatan bisnis, agar sebuah produk dikenal oleh konsumen, maka diperlukan adanya promosi atau iklan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai media, baik media cetak atau media elektronik.
Berbagai cara berpromosi antara lain adalah sebagai berikut :
1.       Advertensi, yaitu merupakan bentuk penyajian gagasan mengenai barang dan jasa melaui media.
2.       Personal Selling, yaitu Merupakan bentuk penyajian promosi secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seorang atau lebih calon konsumen/pembeli.
Caranya :
a.       Pengelola menghubungi pedagang besar, eceran, dan lain-lain.
b.      Penjualan dilakukan oleh pedagang keliling.
c.       Penjualan dari rumah kerumah.
d.      Penjualan dari pusat keramaian, toko-toko atau perusahaan.
3.       Promosi penjualan yang dilakukan setiap saat dengan biaya relatif dan barang cukup tersedia.
4.       Publisitas, yaitu merupakan usaha perusahaan untuk merangsang permintaan dan bersifat komersial.
D.      Sasaran Promosi
Kegiatan promosi mempunyai sasaran yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut :
1.       Selururh masyarakat pengguna (konsumen)barang atau jasa.
2.       Para pembeli barang dan jasa.
3.       Para pemakai barang dan jasa saat ini.
4.       Pelanggan.
5.       Para distributor dan agen yang bersedia menjual barang dan jasa.
6.       Para pesaing dan pedagang besar maupun pedagang kecil.
7.       Pemerintah yang memerlukan barang dan jasa. Dan
8.       Mereka yang mempunyai kekuasaan di organisasi.
E.       Teknik dalam Bernegosiasi
Berikut berbagai teknik yang dapat digunakan untuk proses negosiasi.
1.       Menyampaikan gagasan/Ide/Pendapat yang menarik
a.       Teknik mengulang
Pembicara berusaha untuk menyampaikan pikiran dan idenya secara terus-menerus dengan cara dan rumusan yang berbeda dan menarik.
b.      Teknik berterima kasih
Menyampaikan rasa terima kasih kepada informasi yang datang kepada kita sekalipun informasi tersebut tidak menyenangkan kita.
c.       Teknik mengagetkan
Jika lawan bicara kita membuat pernyataan negatif, kita mengejutkan dia dengan satu jawaban balik dari sudut pandang yang tak diduganya. Jawabannya balik bersifat paradoks untuk dapat mengarahkannya.
d.      Teknik memotong
Teknik ini digunakan untuk mengontrol pembicara yang berbicara terlalu banyak. Pembicara dipotong denga tiba-tiba dengan alasan untuk menyampaikan sesuatu yang lebih penting.
2.       Menyanggah gagasan/Ide/Pendapat
a.       Teknik menunda
Teknik ini digunakan apabila terdapat keberatan mengenai penjelasan yang yang dikemukakan dengan kurang jelas. Pembicara dapat secara taktis menunda pembicaraan.
b.      Teknik mengelak
Pembicara menghadapi kesulitan untuk menghadapi posisinya.
c.       Teknik ya... tetapi
Kita menghargai dan menyetujuipendapat lawan bicara, tetapi aplikasinya disesuaikan dengan pendapat kita.
d.      Teknik membiarkan
Teknik ini membiarkan lawan bicara menyampaikan maksud dan pikirannya, sementara kita mendengarkan dengan penuh perhatian tampa memberikan reaksi.
e.      Teknik antisipasi
Sementara lawan bicara menyampaikan pendapat, kita sudah mengantisipasi kelemahannya. Sesudah itu, kita langsung menjatukhkan pendapatnya dengan mengemukakan argumentasi kontra.
f.        Teknik bertanya balik
Kita dapat melemparkan kepada sebuah pertanyaan baliak lawan bicara yang membuat ia menyadari kekeliruannya.
g.       Teknik provokasi
Teknik ini memaksa lawan bicara untuk berterus terang.
h.      Teknik tidak
Menyangkal pendapat lawan bicara langsung karena menuntut penjelasan yang tuntas.
3.       Meyakinkan Pendapat
a.       Teknik sugesti
Untuk mempermudah lawan bicara untuk menyetujui pikiran, anjuran, dan hasil pertimbangan.
b.      Teknik kompromi
Teknik yang dipakai dalam situasi yang sulit untuk mencapai keseimbangan rasional.
c.       Teknik konsensus
Teknik yang dapat menampilkan rangkuman pendapat yang sudah disetujui dan menerima anjuran.
d.      Teknik melebih-lebihkan
Teknik yang melebih-lebihkan pernyataan lawan bicara untuk mempengaruhinya supaya ia menarik kembali pernyataannya.
F.       Bernegosiasi dengan bahasa yang santun
Penggunaan kalimat yang santun dimaksudkan agar mitra bicara kita mau memperhatikan sesuatu yang kita sampaikan. Cara-cara yang dapat kita lakukan dalam membangkitkan perhatian mitra bicara kita, yaitu :
1.       Sampaikan gagasan atau pendapat itu disertai bukti atau contoh konkret yang dapat meyakinkan pendengar.
2.       Sampaikan gagasan atau pendapat itu secara singkat, jelas dan langsung mengenai persoalannya.
3.       Gunakan kalimat-kalimat yang relatif pendek sehingga tidak menimbulkan salah penafsiran.
4.       Jika hal yang kita kemukakan berhubungan dengan waktu atau proses, maka kemukakanlah gagasan atau pendapat itu secara kronologis.
5.       Upayakan agar tawar menawar itu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.
G.     Meyakinkan Mitra Bicara dalam Bernegosiasi
Salah satu cara membangkitkan kepercayaan dalam bernegosiasi adalah menarik simpati pihak kedua (mitra negosiasi). Ia akan bersimpati terhadap maksud kita jika ia memahami betul program kita. Karena itu, kewajiban kita adalah menguraikan sejelas-jelasnya programtersebut.
Hal yang tidak boleh kita kesampingkan dalam upaya membangkitka kepercayaan adalah penampilan kita. Penampilan itu menyangkut penghargaan terhadap kesempatan, cara berpakaian, sikap dan perilaku ketika kita berbicara, dan pemahaman kita terhadap situasi komunikasi.


Tugas Mandiri
Jawablah pertayaan –pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.       Apa saja yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan negosiasi ?
2.       Apa saja yang dibutuhkan dalam mencatat keputusan bernegosiasi ?
3.       Bagai mana caramengemukakan pendapat yang baik saat bernegosiasi ?
4.       Untuk negosiasi penjualan “alat elektronik” di PT Maju Ekspres, perlu teknik yang tepat. Mengapa ?
5.       Kamu sebagai pengurus OSIS hendak mengadakan perlombaan menulis karya ilmiah dan lomba karya siswa. Lomba tersebut akan dilaksanakan dipendopokabupaten. Untuk itu, perlu diadakan negosiasi.
Tulislah sebuah laporan seakan-akan kamu telah melakukan negosiasi !


Catatan :
1.       Jawablah pertanyaan diatas dengan benar !  Jawabannya dikirim melalui email Ibu Popi Apriana, S.Pd
2.       Jawaban paling lama dikirim pada Tanggal 8 Februari 2012.
3.       LKS jangan lupa kalian pelajari dan kerjakan ulangan harian + esai-nya.


11 komentar:

  1. bu,tugasnya sudah saya kirim ke email ibu...
    sudah sampai belum bu..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas pertama sudah sampai tapi tugas yang ke dua belum.

      Hapus
    2. Sudah, nilia tugas ke dua kamu 100. jangan lupa LKS nya dikerjakanya ...

      Hapus
    3. tugas yang kedua itu yang mana bu...???

      Hapus
  2. bu punya saya itu udah masuk ap belum sih...?? saya ragu kalo belum masuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah. Nilai kamu 80. LKS nya jangan lupa dikerjakan ya....?

      Hapus
  3. bu jawaban saya sudah masuk apa belum?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. kmren kata ibuk dah masuk,,,,,,,
      ge mna sih bukkk?

      Hapus